Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Selasa, 23 September 2008

Semboyan No. 7

Semboyan berikut, Semboyan 7 berarti berbahaya, tidak aman, kereta api harus berhenti. Semboyan ini biasa digunakan sebagai sinyal masuk setasiun maupun sinyal keluar.

Bentuk semboyan 7 berupa papan bundar berwarna merah pada tiang sinyal (a), dan lengan mendatar di sebelah kanan tiang sinyal, baik satu lengan (b) maupun dua lengan (c). Kesemuanya diberikan pada siang hari.

Pada malam hari, semboyan 7 diberlakukan dengan memasang lentera bercahaya merah ke arah kereta api, dan berwarna putih ke arah sebaliknya (a dan b). Untuk sinyal berlengan dua, semboyan 2 diberikan dengan lentera bersusun dua, berwarna merah ke arah kereta api, dan berwarna putih di sisi sebaliknya.

Sebagai catatan, semboyan 7 berupa sinyal mekanik berlengan 2 biasa digunakan di stasiun yang memiliki sepur belok. Untuk sinyal keluar, dipakai sinyal mekanik berlengan 1 (b).

gambar semboyan 7: pics.livejournal.com/trainsignal

4 komentar:

  1. Makasih soal ulasan semboyan. lama cari-cari baru nemu...

    Mas.. bisa ngasih daftar lengkap semua 'Semboyan' gak?, mulai dari Semboyan 1 sampai terakhir...

    Saya tahunya cuman Semboyan 5, Semboyan 40, Semboyan 41, Semboyan 35.. berangkat!!!

    Btw... bedanya Semboyan 5 dengan Semboyan 6 apa ya... bingung nih...

    Trims.

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungannya ..... Memang direncanakan untuk membahas keseluruhan semboyan yang ada, tapi masih terkendala waktu. Diusahakan akan dilanjutkan kembali dalam waktu dekat.

    Perbedaan antara semboyan 5 dan 6:
    Semboyan 5 menunjukkan aspek aman, kereta api boleh masuk. untuk sinyal masuk, biasanya diberikan pada kereta api yang berjalan langsung.

    semboyan 6 menunjukkan aspek aman terbatas, kereta api boleh masuk dengan kecepatan terbatas. Apabila diberikan di sinyal masuk, kereta api akan diterima di sepur belok, dan ada kemungkinan untuk diberhentikan.

    CMIIW

    BalasHapus
  3. Mas, q mw tnya, d dlm lokomotif ada semacam telpon ga? Soalnya waktu aq naik kereta, kok keretanya berhenti di tengah sawah...

    BalasHapus
  4. Ada, radio lokomotif namanya. Untuk komunikasi kereta api dengan pusat kendali.

    Berhenti di tengah sawah mungkin posisi kereta berada di depan sinyal masuk stasiun, dan sinyal tersebut menunjukkan aspek tidak aman.

    BalasHapus