Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Kamis, 04 September 2008

Selamat Datang CC 204 12

Hari ini, 040908, Dipo Lokomotif Bandung (BD) kedatangan anggota baru. Lok terbaru milik PT Kereta Api (Persero) yang dirakit di PT INKA telah sampai di BD dengan diikutkan rangkaian KA 173 Kutojaya Selatan, dengan relasi Kutoarjo (KTA) - Kiaracondong (KAC).

Sebenernya sih info kedatangan anggota keluarga baru sudah lama. Sejak kunjungan IRPS ke PT INKA, sudah ada bocorannya, kalau CC 204 12 sedang dalam pengerjaan. Tinggal pengiriman kapan, yang belum ada kabar. Diharapkan lok sudah dapat berdinas untuk angkutan lebaran. Selain itu, ada juga pengiriman kereta kelas 3 (K3) untuk melayani angkutan lebaran.

Beberapa waktu yang lalu, milis keretapi diramaikan dengan kabar dikirimnya lok ini menuju BD. Ternyata si 4 12 dikirim ke BD tanggal 040908, setelah menginap semalam di KTA. Sebelumnya, 4 12 dobel traksi dengan KA 151 Kahuripan dari Madiun (MN), markasnya PT INKA

Mengapa BD yang dipilih? Kata begawan jagad persepuran, medan di Daop II BD memang yang paling berat. Ke arah timur dan barat, sama-sama berkontur pegunungan. Jadi boleh dibilang, Daop II BD jadi Kawah Candradimuka para lok yang melayani di pulau Jawa. Alasan lain, Kantor Pusat PT KA (Persero) ada di BD. Kalau ada apa-apa dengan anggota keluarga yang baru, mudah dipantau.

Sebelumnya, ada niat buat menyambut di sepur 3, jalur kedatangan KRD dari arah timur. Ternyata aku telat. Limabelas menit sebelum aku datang, dia sudah masuk dipo, berbaris dengan kakak-kakaknya. Di kiri ada BB 301 31, dan di kanannya CC 203 41. Uniknya lagi, si kakak, CC 203 41, juga batch terakhir di kelasnya, seperti sang adik (hingga saat ini). Ternyata, di ketiga lok tersebut liverynya beda. Si BB 301 ada marking PT KA di penutup semboyan. Logo Dephub tergambar di hidung CC 203. Sedangkan adik baru ini polos tanpa lambang

Iseng-iseng lihat plakat lok ini, ternyata belum ditentukan lok ini menjadi milik dipo mana. Masih polos. Bisa jadi, si 4 12 milik BD, dan lok CC 201 milik Dipo Lokomotf BD ada yang dimutasi ke Dipo lain, seperti Jember (JR) yang sama sekali nggak punya lok jenis CC. Paling-paling tinggal dicat aja, "DIPO INDUK BD". Dan ini bisa dikerjakan di Dipo BD, setelah ada keputusan dari kantor pusat

Pas melongok ke kabin masinis, ternyata masih sama dengan kakaknya. Tuas rem lokomotif, throttle, rem dinamik, reverser, suling lokomotif, masih sama. Begitu juga dengan indikator perabaran, speedometer dan amperemeter. Tampak di belakang, komputer manajemen sistem, The BrightStar™ Control System keluaran GE Transportation.

Yah, cuma bisa ngucapin selamat bertugas aja buat si 4 12. Semoga gak ada masalah dengan dirimu. Pokoknya berikan yang terbaik buat jagad persepuran Indonesia. Selamat bekerja .......

-----semboyan21-----

Soal data teknis CC 204, nunggu primbon dulu, biar nggak ada salah kutip ... Kalo udah dapat, tar ditulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar