Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Rabu, 17 September 2008

Semboyan No. 5

Setelah semboyan tangan (semboyan 1, 2A, 2B, 2C dan 3) dikupas, kini giliran Semboyan 5 yang dikupas. Bersama dengan Semboyan 6, 7 dan 8, semboyan 5 termasuk semboyan jalan yang bersifat tetap.

Semboyan 5 memiliki arti aman, kereta api boleh masuk. Semboyan ini biasanya digunakan untuk sinyal masuk dan keluar setasiun.

Pada siang hari, semboyan 5 diperlihatkan dalam bentuk papan merah pada semboyan tidak terlihat (a), lengan pada papan sinyal terlihat menyerong (b).

Untuk sinyal mekanik berlengan satu (c), lengan terlihat terangkat ke atas. Sinyal berlengan satu biasa digunakan untuk sinyal keluar. Sedangkan sinyal mekanik berlengan dua (d), semboyan 5 ditunjukkan dengan terangkatnya lengan atas. Sinyal berlengan dua jamak dipakai untuk sinyal masuk stasiun. Dengan memberikan semboyan 5 dengan sinyal berlengan dua, kereta api diperbolehkan masuk setasiun melalui sepur lurus, dan kemungkinan besar akan berjalan langsung.

Pada malam hari, semboyan 5 diberikan dengan cahaya lentera berwarna putih ke arah kereta api, dan berwarna hijau ke arah belakang sinyal (a, b, dan c). Untuk sinyal mekanik berlengan dua (d), ditunjukkan dengan cahaya lentera berwarna putih ke arah kereta api, sedangkan di sisi sebaliknya, lentera berwarna hijau di atas putih.

gambar Semboyan 5: pics.livejournal.com/trainsignal

1 komentar:

  1. Mas...

    udah mampir ke forum www.semboyan35.com blom?

    Mampir yuk...

    salam uedan spoor...

    BalasHapus