Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Senin, 15 September 2008

Semboyan No. 3

Semboyan berikut adalah Semboyan 3. Semboyan 3 berarti berbahaya, tidak aman, kereta api harus berhenti. Semboyan ini digunakan untuk menutup bagian jalan agar tidak dilalui karena rusak atau membahayakan.

Pada siang hari, semboyan 3 diberikan dalam bentuk bendera merah, papan bundar merah, atau pegawai berdiri tegak menghadap arah datangnya kereta sambil mengangkat kedua lengannya ke atas.

Untuk malam hari, semboyan 3 berupa lentera merah, baik ditancapkan pada sebuah tiang atau dibawa oleh pegawai. Dapat juga dengan menggerakan lentera berwarna selain merah dengan cepat ke kanan dan ke kiri.

KETENTUAN PEMASANGAN SEMBOYAN 3
Semboyan 3 harus dipasang pada jarak sekurang-kurangnya 500 m (B-C) dari bagian jalan yang tidak boleh dilalui, dan semboyan harus dapat dilihat oleh masinis dari tempat sekurang-kurangnya sejauh 600 meter (A-B). Apabila bagian jalan yang ditutup telah diketahui oleh masinis bersangkutan, maka jarak 500 meter dapai diperpendek menjadi 200 meter (B-C).

Apabila jarak terlihat 600 meter tidak tercapai karena lengkung jalan, maka pemasangan semboyan 3 digeser ke muka, sehingga semboyan 3 dapat terlihat oleh masinis dari tempat sejauh paling sedikit 1100 meter dari bagian jalan yang tidak boleh dilalui (B-C). Jarak 1100 meter dapat diperpendek menjadi 800 meter apabila masinis telah mengetahui bagian jalan yang ditutup sebelumnya.

Sedapat mungkin, semboyan 3 dilengkapi dengan semboyan muka berupa semboyan 2A dan 2B. Semboyan 2B dipasang sejauh 100 meter (C-D) dari Semboyan 3, dan Semboyan 2A dipasang 300 meter (B-D) dari semboyan 3, dengan syarat semboyan 2A dapat dilihat oleh masinis dari jarak paling sedikit 300 meter (A-B).

Apabila jarak terlihat 300 meter tidak terpenuhi karena lengkung jalan, maka semboyan 2A digeser ke depan hingga dapat terlihat oleh masinis pada jarak paling sedikit 600 meter (B-D) dari tempat semboyan 3 dipasang.

Pada malam hari, susunan semboyan 3 yang memakai semboyan muka berupa semboyan 2A dan 2B, adalah sama dengan siang hari. Pada lokasi di mana semboyan muka semboyan 2A dan 2B dipasang, dipasang lentera berwarna hijau.

gambar semboyan 3: pics.livejournal.com/trainsignal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar