Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Minggu, 21 September 2008

Semboyan No. 6

Semboyan tetap berikutnya, Semboyan 6. Semboyan ini berarti aman, kereta api boleh masuk dengan kecepatan terbatas.

Pada siang hari, semboyan 6 diberikan dalam bentuk lengan tegak pada papan sinyal (a), lengan bawah pada sinyal mekanik terangkat (b), papan bundar hijau pada tiang sinyal (c), atau lengan pada sinyal muka menyerong ke bawah (d).

Pada malam hari, semboyan 6 diberikan dengan isyarat cahaya, yaitu lentera hijau pada tiang sinyal ke arah datangnya kereta api, dan lentera berwarna putuh di sisi sebaliknya (a, c, dan d). Untuk sinyal lengan, isyarat berupa lentera hijau pada tiang sinyal ke arah datangnya kereta api dan lentera berwarna hijau di bawah lentera putih di sisi sebaliknya.

Semboyan 6 diberikan sebagai sinyal muka (a dan d) sebagai isyarat bahwa sinyal masuk di belakangnya menunjukkan aspek tidak aman (semboyan 7), sehingga masinis bersiap-siap untuk menghentikan kereta api di depan sinyal masuk.

Untuk sinyal mekanik berlengan dua (b), semboyan 6 merupakan isyarat bahwa kereta api diperbolehkan masuk ke sepur belok, baik untuk berjalan langsung melalui sepur belok, maupun berhenti di depan sinyal keluar untuk persilangan maupun susulan.

gambar semboyan 6: pics.livejournal.com/trainsignal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar