Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Kamis, 24 Juni 2010

Pa van der Steur

Beberapa lama aku menyimpan pertanyaan ini. Siapakah van der Steur itu? Apa karyanya di Magelang? Di mana jejak karyanya di Magelang. Setelah mengumpulkan data dan keterangan dari berbagai sumber, akhirnya sedikit terbuka informasi tentang hal ini.

Pa van der Steur, terlahir Johannes van der Steur, pada awalnya memulai pelayanannya sebagai rohaniwan militer di tangsi Magelang. Di masa berikutnya, beliau mendirikan panti asuhan yang nantinya diberi nama Oranje Nassau. Menurut cerita, anak asuhnya dipaksa meninggalkan Magelang menuju Jakarta, untuk menimbulkan kesan, karya Pa van der Steur sudah tidak ada lagi.

Saat ini, untuk mencari jejak karya Pa van der Steur di Magelang, terbilang agak susah. Ketika mencari referensi di dunia maya, informasi yang didapat hanyalah TK, SD, dan SMP Pa van der Steur di Pondok Gede, yang dinaungi Yayasan Pa van der Steur.

Sedikit pencerahan didapat ketika ada informasi, bahwa dulu, daerah di sekitar kantor dinas sosial (kurang tahu, apakah sekarang dinas sosial masih berkantor di sana) di Jl. Diponegoro, disebut Pandestiran. Memang, pandestiran dan Pa van der Steur kedengaran mirip. Apakah ini lidah setempat yang sulit mengeja Pa van der Steur sehingga dilafalkan menjadi pandestir? Dan apakah panti asuhan yang di sana dulu pernah dikelola Pa van der Steur? Perlu penelitian yang lebih lanjut untuk menemukan jawabannya.

Semoga celotehan saya ini sedikit banyak membuka sejarah kota Magelang yang baru sedikit terungkap. Mohon koreksinya apabila ada kesalahan.

kisah Pa van der Steur lebih lengkap dapat dibaca di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar