Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Rabu, 06 Januari 2010

Elektrifikasi Magelang

Mungkin bagi sebagian warga Magelang tidak mengetahui di mana lokasi prasasti bertuliskan "MAART 1924 ELECTRIFICATIE MAGELANG". Tetapi ketika melihat gambar monumen seluruhnya, pasti semua mengenali letak dari monumen ini. Ya, monumen ini terletak di ujung Jl. Jenderal A. Yani dan Jl. Alun-Alun Selatan.

Secara literal, prasasti tersebut seolah-olah mengatakan, listrik pertama kali dialirkan masuk Kota Magelang, (mungkin masa itu masih bernama Gementee Magelang) pada bulan Maret 1924. Saya katakan seolah-olah, karena memang saya tidak menemukan sumber yang akurat, setidaknya sampai saat ini.

Kalau melihat perubahan terhadap monumen ini melalui beberapa foto yang ada di monumen ini, ternyata monumen ini telah mengalami perubahan bentuk. Pada dua foto berwarna yang diambil pada tahun 2009, hanya selang waktu beberapa bulan saja, tampak jam di puncak menara telah dilepas. Dan ketika melihat foto yang lebih tua, terlihat sangat jelas, monumen ini lebih tinggi dan lebih runcing puncaknya.

Sampai sekarang, saya tidak tahu, apakah ada keterangan yang lebih rinci tentang monumen ini. Saya ragu, kalau di lingkungan Pemerintah Kota Magelang, ada yang tahu persis tentang monumen ini. Tahu persis dalam artian tidak dilengkapi dengan bumbu "katanya" yang malah mengaburkan cerita aslinya.

Semoga saja Pemerintah Kota Magelang melalui dinas terkait lebih peduli dengan monumen ini, karena saya yakin, Gementee Magelang dulu membangun monumen ini pasti ada tujuannya. Dengan terpeliharanya monumen ini, semoga saja salah satu saksi bisu perkembangan Magelang tidak dikorbankan dengan berbagai macam alasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar