Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Jumat, 06 Juni 2008

Mau Nyepur Kok Susah

Nggak tahu kenapa, kok tiba-tiba pengen nulis yang agak serius. Biasanya sih kalo nulis ngetik nggak jelas. Mungkin sih ini gara-gara gagal nyepur rame-rame ke GMR.

Nyepur ke GMR sambung DP gagal karena akses menuju DP cukup susah. Padahal banyak skenario sudah disusun, berdasarkan informasi dari temen-temen semua, Hanafi, Dee, Mbah Klewung. Mulai dari ikut KRL ke JUA, turun di JNG sambung ke MRI, sampai ke JAKK baru balik ke DP. Tapi, anggota rombongan bukan edan sepur, begitu denger naik KRL eko ke DP langsung mukanya suram semua. Yang terbayang KRL eko penuh banget, sampai-sampai jadi double decker. Mendingan naik travel dah.

Bingung juga sih kalau dari BD mau ke arah BOO atau SRP, kalau pengen nyepur. Kalau pengen ke arah BOO naik KRL AC, turun di GMR. Apesnya, hari Sabtu, Minggu dan hari libur, ada Express AC yang batal. Selain itu, Express AC juga nggak berhenti di tiap setasiun. Ini bisa disiasati, dengan turun di setasiun di mana Express AC berhenti, lalu sambung KRL ekonomi. Ini dijamin repot, karena kudu beli karcis lagi (no freeriders please), terlebih lagi kalau bawa barang segambreng.

Kalau mau naik KRL ekonomi, tetep aja harus gonta-ganti kereta. Turun di JNG, sambung Ciliwung ke MRI (kata Mbah Klewung gak usah bayar), tapi jadwal Ciliwung batal hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Kalau beruntung, bisa ketemu KRL Eko Bekasi jurusan THB lewat MRI, atau kereta jarak jauh tujuan THB. Bisa turun di MRI, atau THB sekalian, baru sambung KRL eko tujuan BOO. Alternatif lain, tetep turun di GMR, lalu ikut KRL ke JUA, baru balik arah ke BOO. Kalau perlu bablas ke JAKK sekalian, baru balik BOO.

Ke SRP nggak kalah ribetnya. Karena akses ke THB, satu-satunya hub ke SRP, hanya ada ekonomi Bekasi dan KA jarak jauh, mau nggak mau, harus turun di JNG, sambung ke THB, lanjut KRL tujuan SRP, baik Express atau ekonomi. Bisa juga naik odong-odong jurusan Rangkas. Tapi seperti biasa, yang namanya express, ada yang batal tiap hari libur/Sabtu dan Minggu.

Duh ... pengen nyepur kok susah. Coba kalau bisa BLB di MRI, Parahyangan aja deh, baik dari arah BD maupun dari GMR. Penumpang dari arah BOO dan SRP lewat THB bakal lebih mudah mengakses kereta tujuan BD. Apalagi kalau Ciliwung dan express nggak batal di hari libur/akhir pekan, bisa jadi feeder untuk KA dari Daop 2, bahkan untuk KA jarak jauh sekalipun.

Di suatu milis, pernah diwacanakan, kalau perlunya ada feeder dari arah SRP, bahkan kalau perlu, setiap hari, ada 1 kereta ditarik ke arah SRP sebagai feeder, nanti dirangkai di MRI, mirip Punokawan yang jadi feeder Bengawan. Sebenernya ini ide yang cukup bagus, mengingat pangsa pasar Parahyangan dan Argo Gede yang sudah digerogoti travel, semenjak tol Cipularang (Tipularang kalo kata Bagus) diresmikan. Apalagi kini dengan 20 ribu aja udah bisa ke GMR dari BD.

Pengen rasanya naik sepur kaya di jaman SS dulu, yang katanya selalu penuh karena jadi andalan transportasi. Padahal sepur dikenal sebagai alat transportasi massal yang hemat energi, tapi kenapa sektor perkeretaapian malah dikesampingkan. Pemerintah malah sibuk bangun jalan tol, bahkan di dalam kota. Nggak ngerti ah ... pokoknya selama masih bisa nyepur, nyepur aja. Pusing ah

Salam sepur

--- Semboyan 21 ---

#heran, bisa agak serius kaya gini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar