Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Kamis, 24 Maret 2011

Tipu Tipu Part 6

Belum ada dua minggu jadi calon korban penipuan lewat handphone, pagi ini menjadi calon korban lagi. Kali ini giliran Telkomsel yang katanya semalam mengadakan undian dan hasilnya disiarkan di TV semalam. Usaha pengelabuan yang bagus, karena aku ga pernah nonton TV. Nomor yang menghubungiku, +6282180987689 mengaku dari Telkomsel Jakarta yang lagi-lagi katanya dia yang bertanggung jawab untuk pengiriman hadiahnya.

Kata-kata awalnya, dia mengabarkan kabar "gembira" dengan 1001 macam pujian dan sanjungan kalau nomorku tembus undian sebesar Rp. 15 juta, dan akan dipotong biaya administrasi dll. sebesar sekian juta rupiah. Lalu dia menanyakan, posisi di mana dan rekening bank yang dimiliki, beserta kartu ATM-nya tentu saja. Setelah menerima serangkaian petunjuk darinya, kita akan "dibimbing" untuk mengambil uangnya. Bukan uang yang kita terima, tapi uang kita yang akan kita transfer ke rekening penipu, kalau kita mengikuti seluruh petunjuknya.

Ya, langkah-langkah yang akan terjadi kira-kira seperti ini:
  1. Kita diminta mengecek saldo untuk mengetahui nomor keberuntungan kita, atau membandingkan saldo sebelum dan sesudah transfer. Padahal ini untuk mengetahui saldo rekening kita, agar uang yang disedot penipu bisa dimaksimalkan dengan memperhatikan saldo minimal.
  2. Setelah mengetahui saldo rekening, kita dipandu untuk masuk ke menu transfer, dengan alasan uang hadiah akan ditransfer ke rekening kita. Kenyataannya, kita dipandu untuk mengirimkan uang kita
  3. Ketika muncul tulisan masukkan rekening tujuan, kita diminta memasukkan nomor rekening "pengirim" untuk konfirmasi. Tanpa sadar kita akan memasukkan nomor rekening penipu selaku penerima kiriman uang kita.
  4. Masukkan jumlah nominal sesuai jumlah "hadiah" yang akan kita terima, yang artinya besar uang yang menjadi "rejeki" penipu.
  5. Ketika muncul layar konfirmasi transfer, kita dipaksa dengan buru-buru memproses transaksi dengan alasan biar uang kita cepat masuk.
  6. Selesai proses transfer, kita diminta mengecek saldo, apakah uangnya sudah masuk atau belum, dan telepon terputus.
  7. Apa yang terjadi saat saldo rekening kita cek saudara-saudara? Pasti rekening kita berkurang saldonya, dan ini yang diharapkan oleh penipu.
Hahaha ... cara anda sudah terbaca. Usaha yang bagus, tapi sudah terbaca dari 30 detik pertama. Maaf, orang lain bisa anda tipu, tapi saya tidak ... silakan coba lagi.

DISCLAIMER:
Langkah-langkah tersebut hanya menjelaskan cara kerja penipu agar semua waspada dan tidak ada korban yang jatuh lagi. Penyalahgunaan segala yang tertulis di sini adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar