Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Jumat, 11 November 2011

Tamatnya Perbioskopan Magelang

Beberapa orang menganggap tanggal 11 November 2011 merupakan tanggal yang istimewa, karena dinotasikan sebagai 11-11-11. Tak heran ada yang menggunakan tanggal tersebut sebagai salah satu milestone dalam kehidupannya. Banyak pasangan yang memutuskan menikah pada tanggal tersebut. Ada juga ibu yang memilih melahirkan anaknya pada tanggal tersebut.


Magelang & Tidar Theatre
courtesy Ryan Adhyatma
Tanggal tersebut juga menjadi salah satu tanggal penting bagi perjalanan sejarah kota Magelang. Satu-satunya bioskop yang tersisa di Magelang gulung layar. Hari ini resmi sudah sewa gedung bioskop kepada pemerintah kota Magelang berakhir, dan gedung harus dikembalikan kepada pemkot. Pengelola memutuskan tidak memperpanjang sewa gedung yang dibangun di eks THR Magelang. Ini berarti tamat sudah riwayat perbioskopan di Magelang, setidaknya sampai hari ini. Memang, di sisi selatan kota Magelang baru saja dibuka pusat perbelanjaan baru, tetapi kabar dibukanya bioskop, masih simpang siur.

Dengan tamatnya Magelang Theater yang menyusul saudaranya Tidar Theater beberapa bulan sebelumnya, bioskop hanya tinggal kenangan. Cerita manis nonton bioskop, hanya tinggal kenangan pelakunya. Bioskop di Magelang boleh gulung tikar, gedungnya boleh berganti, tetapi mereka tetap menjadi bagian dari sejarah Magelang yang tidak dapat dihapus begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar