Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Kamis, 03 November 2011

Nasib Kereta CR

Kereta CR di Magelang Kota
Photo courtesy: IRPS (Fajar Arifianto)
Akhirnya nasib kereta CR ini jelas sudah. Kereta ini akan dipreservasi di Museum Kereta Api Ambarawa. Rekan dari Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT KA memberikan informasi bahwa kereta akan diangkut ke Ambarawa dengan menggunakan trailer besok Selasa, 08 November 2011. Ya, kereta CR diambil pemiliknya setelah sekian lama tidak terurus.

Kembali lagi Magelang kehilangan artefak perkeretaapian. Setelah kita kehilangan sinyal masuk Mertoyudan dari arah Magelang, emplasemen timbangan di Blabak, bangunan setasiun Blabak yang semuanya hilang karena pelebaran jalan. Ini belum termasuk emplasemen setasiun Secang yang rusak parah karena dipakai untuk lahan parkir truk.


Bagi masyarakat Magelang, mungkin ini suatu kehilangan yang besar. Bisa jadi generasi mendatang tidak mengetahui adanya spoorbaan yang melintasi Magelang. Sebenarnya kompleks eks setasiun Magelang Kota masih terdapat beberapa jejak perkeretaapian rumah dinas DKA, Kantor Dinas Jalan dan Bangunan Seksi 65 Distrik 65A Magelang dan sub dipo Magelang Kota. Seandainya mereka bisa bercerita, mungkin dengan penuh semangat mereka akan menceritakan hiruk pikuknya aktivitas setasiun tersebut.

Semoga dengan diangkutnya kereta CR oleh pemiliknya ke setasiun Willem II tidak menjadikan masyarakat Magelang lupa dengan sejarahnya yang pernah dilintasi kereta api, dan semoga sang kereta CR dapat beristirahat dengan tenang di tempatnya yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar