Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Sabtu, 29 Maret 2008

Resensi Ayat Ayat Cinta a la Railfan

Hmm ... akhir-akhir ini "Ayat Ayat Cinta" lagi booming. Di mana-mana pada ngomongin ntu pelem. Bahkan RI 1 dan 2 juga ikutan nonton. Bikin penasaran juga itu pelem, apa sih hebatnya, sampe sampe (katanya) ditonton lebih 2 juta penoton, belum termasuk yang nonton lewat versi bajakannya.

Biar gak penasaran, iseng-iseng tanya sama yang udah nonton AAC, katanya sih bagus. Kebetulan di kantor ada anak magang yang mau nonton tuh pelem. Langsung aja aku minta puter dikit dia punya monitor, biar aku bisa ikut ngeliat.

Gak tau kenapa, kok langsung nemuin yang menarik di AAC, pas adegan si lelaki (gak ngerti sapa namanya) di gerbong kereta. Katanya sih settingnya di Mesir (bener gitu di negeri Firaun?), tapi kok keretanya KRL Jabotabek (kalo gak salah Tokyu 6000). Usut punya usut, dapet juga behind the scene nya. Ternyata itu adegan bener-bener pake KRL Jabotabek, dan scene takingnya di MRI (kalo ga salah denger). Alih-alih dapet kereta luar negeri, dapetnya KRL Jabotabek yang dipermak seolah-olah di Timur Tengah. Begitu ganti adegan, langsung dah gak ada nafsu buat nonton. Habisnya adegan di kereta miskin banget.

Mendingan nonton Warkop. Masih bisa liat CC 201 26 livery hijau kuning narik kereta K3 (kalo nggak salah) livery merah putih, kaya si belo kuda troya. Bener-bener keliatan gagah itu kereta. Kalo memang bener K3, ga tau kenapa kok kelihatan bersih. Apa mungkin tahun 80an orang masih peduli sama kereta? AAC apaan, cuma keliatan dalemnya doang. Gak keliatan bodi luarnya. Lagian paling lama cuma sekitar 5 menit aja.

Mungkin gak level kalo AAC dibandingin sama komedi slapstick ala Warkop DKI. Kalo dibandingin sama Daun di Atas Bantal, masih jauh. Bagusan DdAB, ada pesan moralnya. Cukup jelas pesannya, jangan naik di atap kereta, kalau tidak ingin mati konyol. AAC adanya ribut-ribut di dalam kereta.

Sama "Raja Jin" buatan tahun 70an, tetep masih menang jauh. Kehidupan seorang petugas PJL yang dibumbui sedikit humor. Si petugas yang dipecat, karena menutup pintu tanpa ada perintah dari stasiun tapi desakan pemilik warung di sebelah PJL yang dijaganya, di akhir cerita menyelamatkan rangkaian kereta dari PLH akibat relnya menggantung. Raja Jin berlari di tengah hujan sambil membawa lampu hansin yang menunjukkan semboyan 3. Aksi heroik yang menyebabkan Raja Jin diangkat kembali jadi petugas PJL.

Pesaing lain, ada "Kereta Api Terakhir" yang menggunakan lok D52 dan 2 buah gerbong CR. Belum pernah liat sih, tapi katanya menggambarkan hijrahnya Divisi Siliwangi ke Jawa Tengah. Bahkan sampai tahun 90-an masih ada KLB napak tilas dengan D52. Pokoknya AAC ga ada artinya

Tapi yang jadi masterpiece pelem sepur bagiku ya Tragedi Bintaro. PLH terbesar sepanjang sejarah perkeretaapian Indonesia yang terjadi 19 Oktober 2007 antara KA 220 dan KA 225 digambarkan sangat detil, sampe adegan adu lok, korban yang kepala sama kakinya pisah. Pokoknya serem dah. Gak kebayang kalo liat aslinya .... Ini masuk list wajib ditonton railfan. AAC gak masuk list dah ....

Kalo yang versi luar negeri, bisa cek di Undersiege 2: Dark Territory punya Steven Seagal. Kan endingnya PLH di BH antara sepurnya si Casey Ryback dan KA Ketel. Tapi PLH yang ini ngibul alias fiktif. Sepurnya sih bagus, tapi yang ditonjolin cuma aksi berantemnya doang.

Sebenernya sih masih ada pelem lain yang ada sepurnya, tapi terlalu banyak kalau mau disebutin satu per satu. Contoh, Money Train, Death Train. Dan kalo disebutin semua, kasihan AAC, adegan di sepurnya dikit, dibandingin sama pelem yang adegannya di kereta melulu

Yah, beginilah resensi film versi railfan. Yang diresensi bukan ceritanya, tapi sepur apa yang ada di sana, di stasiun mana. Buat yang suka AAC, ga usah sakit hati. Namanya juga main-main. Gak perlu dipikir serius ....

Salam Sepur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar