Halaman

Waktu menunjukkan

Pencarian

Senin, 04 Oktober 2010

Sub Dipo Setjang

photo courtesy: Soli Saroso


Stasiun SCA di masa aktifnya
photo courtesy: semboyan35.com
Bermula dari sms babe yang isinya seperti ini "Wis duwe pics bekas bengkel stasiun Secang?" Wah, si babe berhasil menemukan eks sub dipo Setjang (SCA, 3314). Terus terang, sebenarnya belum tahu kalau di SCA ada sub dipo. Sejauh yang aku tahu, sub dipo ada di Magelang Kota (MG, 3320). Ketika ditanyakan kepada sesama railfans, menurut mereka, harusnya ada, karena dulu menjadi tempat penggantian lokomotif untuk rangkaian yang berasal dari Yogyakarta (YK, 3020) yang menuju Ambarawa (ABR, 3306) dengan lokomotif bergigi.


Dari hasil penelusuran, eks sub dipo SCA sekarang lokasinya menjadi berada di tengah pemukiman, kurang lebih 100 meter utara emplasemen SCA. Kondisinya sangat memprihatinkan. Atapnya sudah hilang dan bisa dibilang hampir tidak terdapat jejak kalau di sana pernah ada sub dipo. Bahkan di dalam bekas sub dipo, sebuah rumah berdiri di dalamnya.

Kondisi terkini sub dipo SCA
photo courtesy: Soli Saroso
Yah, memang sangat memprihatinkan kondisi infrastruktur perkeretaapian pasca ditutupnya jalur ABR - MG - YK. Apalagi jalur ini sudah mati sekitar 30 tahun. Banyak yang kondisinya menjadi tidak terawat, tidak banyak juga yang sekarang musnah. hilang tidak berjejak Bisa jadi, masyarakat tidak tahu, kalau di sana pernah terdapat infrastruktur perkeretaapian yang sangat besar di masanya. Apakah ini hanya menjadi cerita manis yang akan terkubur oleh zaman?

Memang, sempat ada wacana untuk kembali menghidupkan jalur ini untuk mengurangi beban jalan raya. Tapi apabila menggunakan road bed yang sama dengan jalur tahun 1970-an, sangat tidak mungkin. Selain biayanya mahal, hampir seluruh roadbed dan infrastrukturnya sudah beralih fungsi.

Semoga saja, jejak perkeretaapian di Magelang dan sekitarnya tetap ada dan tidak begitu saja dilenyapkan ...

Kondisi terkini emplasemen dan stasiun SCA
photo courtesy: Soli Saroso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar