Sampul Peringatan Koleksi Pribadi |
Satu hal yang jadi pertanyaan saya, perjalanan pertama dinyatakan tanggal 06 Juli 1961, tetapi pada sampul tercetak 06 Djuni 1961. Mengapa bisa begitu, saya sendiri belum menemukan data yang pasti, baik soal pencetakan sampul maupun perjalanan pertama kereta ini. Yang jelas, pada Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) yang berlaku di tahun 1961, perjalanan kereta api ini sudah ada.
Berdasarkan jadwal yang berlaku sejak 06 Juli 1961, kereta api kilat malam Jakarta - Surabaya diberikan nomor 8 dengan nama Kereta Api Ekspres Malam 'Bintang Fadjar'. Pada buklet jadwal yang berlaku pada masa itu, kereta ini diberikan gambaran sebagai berikut
BINTANG FADJAR.Kereta diberangkatkan dari setasiun Jakarta Kota pukul 1700 melalui Cirebon, Semarang, Solo dan mengakhiri perjalanannya di setasiun Surabaya Kota pukul 0715 sejauh 816 km. Adapun jadwal terperincinya adalah sebagai berikut:
Bintang sebagai benda alam tampak dimalam hari, berkelip-kelip menerangi daerah² njenjak terbenam dimalam buta. Kereta-api Ekspres malam meluntjur tjepat dari barat ketimur seolah-olah menjongsong bangkitnja Sang Surja di Fadjar pagi; maka diberikan kepadanja nama BINTANG FADJAR.
Setasiun | Tiba | Berangkat |
---|---|---|
Djakarta Kota | - | 17:00:00 |
Gambir | Ls | Ls |
Djatinegara | Ls | Ls |
Krawang | Ls | Ls |
Tjikampek | Ls | Ls |
Pagaden Baru | Ls | Ls |
Djatibarang | Ls | Ls |
Tjirebon | 20:32:00 | 20:42:00 |
Brebes | Ls | Ls |
Tegal | Ls | Ls |
Pekalongan | Ls | Ls |
Semarang Tawang | 1:01:00 | 1:11:00 |
Kedungdjati | Ls | Ls |
Gundih | Ls | Ls |
Solo Balapan | Ls | Ls |
Solo Djebres | 3:17:00 | 3:27:00 |
Madiun | 4:50:00 | 5:00:00 |
Kertosono | Ls | Ls |
Modjokerto | Ls | Ls |
Wonokromo | Ls | Ls |
Surabaja Gubeng | 7:05:00 | |
Surabaja Kota | 7:15:00 |
Cover Menu Courtesy Indra Krishnamurti |
Pasca beralihnya rute kereta api ini melalui jalur selatan, bisa dibilang tidak ada rangkaian kereta api dari Jakarta menuju Surabaya Gubeng yang melalui Semarang. Tetapi pada 17 Desember 2013, PT Kereta Api memperpanjang rute KA Bangunkarta, yang semula berakhir di Jombang, dilanjutkan hingga Surabaya Gubeng. Perpanjangan inilah yang bisa disebut kelahiran kembali KA Bintang Fadjar, karena selain rutenya yang mirip, dari sisi jam keberangkatan dan kedatangan juga tidak berbeda jauh.
Sebagaimana lazimnya kereta api jarak jauh, rangkaian kereta api ini juga menyediakan makanan di kereta makan/restorasi dengan pilihan menu sebagai berikut:
Dari menu yang ditawarkan saja, kita dapat melihat sedemikian mewahnya pelayanan yang ditawarkan oleh kereta ini. Memang, saat ini perusahaan kereta api kita sedang membenahi pelayanannya. Tidak menutup kemungkinan kejayaan perkeretaapian di masa lalu dapat terulang di masa mendatang. Semoga saja
Menu 1 | Makan Malam | Makan Malam | Makan Pagi |
No. 1 | No.2 | No. 1 | |
Nasi Opor | Kakap Gurih | Roti - Mentega - Selai | |
Nasi Putih | Sup Mimosa | * | |
Sajur katjang | * | Telur Rebus - Telur Tjeplok | |
Ajam Opor | Kakap Gurih Saos Putih | Daging panggang | |
Sambal Goreng | Kentang Pure | * | |
* | Sajur Majur Aneka Warna | Kopi | |
Daging Rendang | * | ||
Telur Tjeplok | Poding Karamel Saos Paneli | ||
Krupuk Kakap | * | No. 2 | |
Atjar-sambal | Buah2an | Nasi Goreng daging | |
* | * | * | |
Poding Karamel Saos Paneli | Kopi | Telur Mata Sapi | |
* | * | * | |
Buah2an | Krupuk | ||
* | * | ||
Kopi | Kopi | ||
* | * | ||
Menu 2 | Makan Malam | Makan Malam | Makan Pagi |
No. 1 | No.2 | No. 1 | |
Nasi Lengkap | Bistik Lengkap | Roti - Mentega - Selai | |
Nasi Putih | Sup Sajur | * | |
Sajur Bajam | * | Telur Rebus - Telur Tjeplok | |
Daging Setup | Bistik Saos mentega | Daging panggang | |
Sambal Goreng | Kentang Goreng | * | |
* | Sajur Majur Aneka Warna | Kopi | |
Ikan Goreng | * | ||
Telur Pindang | Poding Karamel Saos Paneli | ||
Emping | * | No. 2 | |
Atjar kuning | Buah2an | Nasi Goreng daging | |
Sambal | * | ||
* | Kopi | * | |
Poding Karamel Saos Paneli | * | Telur Mata Sapi | |
* | |||
Buah2an | * | ||
* | Krupuk | ||
Kopi | * | ||
* | Kopi | ||
* |
Disarikan dari berbagai sumber. Terima kasih khusus kepada Indra Krishnamurti (keretapi.tripod.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar